Kebiasaan Saat Mandi yang Dapat Merusak Kulit

Banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang tidak kita sadari dapat merusak kulit mulus kita, salah satunya adalah kebiasaan saat kita mandi. Mandi adalah salah satu aktivitas rutin yang tidak boleh untuk dilewatkan. Seperti kita ketahui, ahli kesehatan menyarankan untuk kita mandi minimal 2 kali sehari. Namun beberapa orang terkadang melakukan aktifitas mandi lebih dari dua kali, biasanya orang-orang yang memiliki aktifitas tinggi. Sedangkan orang-orang yang berada di daerah dingin terkadang hanya sekali bahkan 2 hari sekali mandi karena cuaca dingin.

Normalnya mandi dilakukan sebelum beraktifitas pada pagi hari dan setelah beraktivitas pada sore hari. Hindarilah mandi pada malam hari karena hal ini seringkali menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit seperti paru-paru basah, rematik dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Kebiasaan Saat Mandi yang Dapat Merusak Kulit

Nah bicara mengenai mandi, ada yang perlu anda ketahui bahwa beberapa kebiasaan yang dilakukan dalam aktifitas membersihkan badan, ada yang dapat menyebabkan kulit anda rusak. Mari kita bahas beberapa kebiasaan saat mandi yang dapat merusak kulit mulus anda.

Mandi Menggunakan Air Hangat

Mandi menggunakan air hangat memang sangat mengasyikan, kita tidak akan kedinginan pada saat mandi. Hal inilah kemudian yang membuat kebanyakan orang menjadi betah berlama-lama berendam didalam air hangat. Apalagi ketika tubuh sangat capek sehabis pulang kerja, berendam di dalam air hangat adalah pilihan terbaik. Capek dan pegal akan langsung menghilang, tubuh kitapun akan menjadi lebih rileks.

Namun jika boleh menyarankan, ada baiknya Anda tidak berlama-lama atau terlalu sering mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat memang terasa nikmat, apalagi cuaca pada saat itu sedang hujan. Akan tetapi, jika terlalu sering mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam. Air hangat dapat menghilangkan minyak alami pada tubuh sehingga membuat kulit Anda menjadi kering dan kusam.

Mandi Terlalu Lama

Jika Anda adalah salah satu orang yang suka mandi berlama-lama, maka mulai dari sekarang usahakan agar mengubah kebiasaan tersebut. Terlalu lama mandi dan berulang kali menggosokan sabun pada kulit bisa berdampak buruk pada kulit Anda. Kulit akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga hal ini akan membuat kulit Anda menjadi kering. Usahakan agar Anda selesai mandi tidak lebih dari 8 menit.

Mandi Menggunakan Sponge

Mandi dengan menggunakan spons akan membuat kulit menjadi lebih bersih dan kesat. Hal tersebut memang benar, namun pastikan bahwa Anda benar-benar menjaga kebersihan spons mandi karena didalam spons mandi bisa menjadi tempat bersarangnya kuman.

Gantilah spons mandi Anda secara berkala, kemudian jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan spons mandi sebaiknya Anda mencucinya seminggu 1 kali.

Jika Anda bukan orang yang telaten maka ada baiknya tidak menggunakan spons mandi. Karena spons mandi yang kotor bisa menjadi sarang kuman. Kuman-kuman tersebut bisa menyebar ketubuh Anda dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Pemakaian Handuk Yang Salah Setelah Mandi

Hal ini sering kali dianggap sesuatu yang sepele, kita terkadang asal-asalan saja didalam mengeringkan badan dengan menggunakan handuk. Padahal pemakaian handuk yang tepat untuk mengeringkan badan bukan dengan cara menggosok badan tetapi cukup dengan menepuk-nepuk tubuh dengan menggunakan handuk yang lembut. Mengeringkan tubuh sehabis mandi dengan cara digosok, apalagi handuk yang kita gunakan handuk kasar maka itu bisa menyebabkan kulit Anda menjadi rusak.

Itulah beberapa kebiasaan saat mandi yang dapat merusak kulit. Ada kebiasaan-kebiasaan lainnya yang dapat merusak kulit dan akan kita bahas kembali pada postingan selanjutnya.

Sebagai informasi, keindahan kulit dapat kita rawat dengan baik dan terlihat putih dengan mengkonsumsi vitamin atau nutrisi pemutih kulit. Glutax adalah satu yang direkomendasikan oleh para ahli untuk memutihkan kulit. Simak varian glutax yang cucok untuk kulit anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *